TEKS IKLAN (Pengertian, Struktur Teks, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan serta Contoh Teks Iklan)
By Lita Oktaviantari_Bahasa Indonesia XII SMA/SMK
TEKS IKLAN adalah pembahasan yang akan diuraikan dalam materi pelajaran bahasa indonesia dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Dan teks iklan yang akan dijelaskan yakni memuat pengertian atau definisi teks iklan, struktur teks, fungsi, kaidah kebahasaan serta contoh teks iklan. Dari jaman dahulu hingga jaman sekarang didalam kehidupan kita sehari-hari, sudah tentu pasti sering mendengar bahkan melihat yang namanya iklan.
Iklan bisa anda temukan di setiap sudut kota seperti baliho, banner. Di media elektronik , iklan dapat anda jumpai seperti di televisi (tv) , radio, situs web dan banyak lagi, Bahkan iklan juga bisa anda temukan di media cetak seperti koran maupun majalah. Oleh karena itu, iklan sudah pasti ada dan selalu menemani kita semua didalam kehidupan.
Pengertian Teks Iklan
Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.
Adapun target tujuan dari iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk-produk baru maupun produk yang sudah lama, baik itu berupa barang ataupun berupa jasa untuk konsumen (masyarakat) agar dapat menarik perhatian konsumen untuk bisa mengenali produk yang dipasarkan, membeli sampai menggunakan /mengkonsumsi dari produk-produk yang di pasarkan.
Sejak televisi banyak beredar, persaingan pada bidang periklanan semakin pesat, akan tetapi yang menjadi primadona target produsen di dalam mengiklankan produk-produknya adalah media cetak, yang mana didalam media cetak memiliki pangsa pasar tersendiri sehingga para produsen setia menggunakannya.
Struktur Teks Iklan
Di dalam teks iklan dibawah ini yang akan dibahas dan dipelajari yakni mengenai promosi produk barang dan produk jasa. Dengan diberikan contoh lengkap nantinya diharapkan anda dapat dengan mudah untuk mengerti bagaimana bentuk serta contoh teks iklan produk dengan berbagai produk berikut dibawah. Adapun didalam sebuah teks iklan, terdapat struktur yang terdiri atas judul, nama produk dan penjelasan mengenai produk tersebut. Berikut penjelasannya.
a. Judul
Judul didalam teks iklan berada pada bagian yang paling atas, akan tetapi tidak seluruhnya iklan menampilkan judul, sebagian menampilkan nama produk tepat di bagian paling atas dari teks iklan tersebut.
b. Nama produk
Pada bagian ini di dalamnya berisi dengan nama produk yang akan di promosikan atau diiklankan.
c. Penjelasan mengenai produk
Pada bagian ini di dalamnya berisikan dengan penjelasan singkat / deskripsi tentang produk yang akan di promosikan / diiklankan, yang mana dalam hal ini meliputi seperti :
1. Spesifikasi detail produk
2. Cara untuk bisa mendapatkan produk yang dipromosikan / diiklankan
3. Alamat yang bisa dikunjungi
4. Contact person atau nomor telephone yang bisa dihubungi.
Fungsi Teks Iklan
Didalam pengertian teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan. Dan dibawah ini adalah beebrapa fungsi dari iklan, yakni sebagai berikut :
a. Sebagai sebuah informasi
Maksudnya adalah untuk bisa menyampaikan informasi mengenai suatu produk baru, ciri-ciri dari produk dan sebagainya.
b. Sebagai persuasi
Maksudnya adalah iklan berfungsi untuk mengarahkan para masyarakat (konsumen) untuk membeli produk yang diiklankan.
c. Sebagai reminder
Maksudnya adalah suatu iklan dapat mengingatkan para masyarakat (konsumen) mengenai produk-produk tertentu supaya bisa menggunakan selalu produk-produk yang di iklankan tersebut.
Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Di dalam teks iklan, terdapat juga ciri-ciri kebahasaan yang dapat memberikan perbedaan dengan beberapa teks lainnya. Dan berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan didalam teks iklan yakni :
a. Iklan menggunakan slogan
Yang dimaksud dengan slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan. Didalam bagian slogan terdiri atas empat (4) hingga lima (5) kata yang mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagaikan magnet dan tentu pastinya mudah di ingat supaya, pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke masyarakat / orang-orang yang membaca atau melihat dan atau para konsumen dari iklan yang di promosikan.
Pada bagian iklan, slogan lebih mengarah pada susunan kata atau pernyataan, deskripsi singkat tentang suatu produk barang ataupun jasa layanan agar publik dengan mudah untuk mengingatnya. Peranan slogan sangat penting di dalam dunia jasa periklanan, dengan adanya sebuah slogan, suatu produk iklan akan sangat cepat diingat dan mudah untuk dihafal serta dapat lebih terkenal. Biasanya slogan juga banyak digunakan dan banyak ditemui di saat adanya kampanye-kampanye instansi pemerintahan maupun partai, contoh kampanye anti korupsi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kampanye Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), tidak menerima gratifikasi di kantor-kantor pelayanan pemerintahan dan masih banyak lagi yang bisa di temui.
Kreatifitas dalam membuat kalimat slogan sangat wajib diperhatikan agar tidak termakan oleh zaman supaya, masyarakat dengan semakin mudahnya dalam mengingat dan menghafal kalimat slogan yang terdapat dalam iklan yang di promosikan tersebut. Keberhasilan didalam menggunakan slogan dapat dilihat dan diukur dengan cara seberapa dalam masyarakat (konsumen) mengetahui slogan yang tertera. Jika slogan berhasil merasuk ke fikiran masyarakat (konsumen) maka, hanya dengan mendengar kalimat slogan pada sebuah iklan, masyarakat (konsumen) dengan cepat mengetahui dan mengenali jenis produk apa yang menggunakan kata/kalimat slogan tersebut. Contoh slogan “sekali libas nyamuk tewas”, dengan mendengar kalimat tersebut pastinya anda sudah bisa menebak jenis produk dan merek apa yang dimaksud tanpa anda melihat produk pada iklan itu lagi..
b. Kalimat Persuasif
Yang dimaksud dengan kalimat persuasif adalah sebuah kalimat yang mempunyai tujuan utama agar bisa membujuk serta meyakinkan para pembaca (calon pembeli) supaya bisa menerima dan menjalankan ide dari penulis untuk suatu hal yang ditujukan. Contoh ”bergabunglah bersama kami BANK MB dan perbanyaklah transaksi anda dengan aman, mudah dan cepat”. Sehingga kalimat persuasif yang ada didalam slogan iklan tersebut adalah aman, mudah dan cepat.
c. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Subjek yang biasanya digunakan didalam teks iklan adalah subjek orang pertama tunggal (jamak), contoh kami, saya, dan aku untuk mengganti instansi (pihak) yang memasang iklan. Kemudian pada teks iklan tersebut, subjek orang pertama jamak yang digunakan, contoh kami. Sehingga subjek orang pertama tunggal jamak adalah ciri kebahasaan didalam teks iklan.
Contoh Teks Iklan
Di bawah ini adalah beberapa contoh teks iklan produk barang maupun jasa seperti iklan berniaga (penjualan), iklan lowongan kerja (loker), iklan jasa, iklan promosi dan iklan rumah. Dengan adanya contoh iklan berikut, diharapkan anda bisa menilai dan bisa membedakan apa saja yang di iklankan.
Contoh Teks Iklan Produk
Contoh Teks Iklan Penjualan
Contoh Teks Iklan Jasa
Contoh Teks Iklan Niaga
Contoh Teks Iklan Lowongan
RUMUS MEMBUAT TEKS IKLAN; AIDCA
- Attention (Perhatian) : Sebuah teks iklan harus mampu menarik perhatian calon konsumen. Untuk itu teks iklan harus memenuhi; Ukuran, Penggunaan warna, Tata letak, suara-suara khusus.
- Interest (Minat) : Teks Iklan harus mampu membangkitkan/menimbulkan rasa minat/keinginan memiliki produk yang di iklankan. Mendorong calon konsumen agar mau; Membaca Iklan, Mendengar/menonton pesan-pesan dan berminat mengetahui lebih rinci.
- Desire (Kebutuhan/Keinginan) : Sebuah teks iklan harus mampu menggerakan keinginan calon konsumen untuk memiliki/menikmati produk tersebut. Contoh ; "Lady Card" Special card for special lady, "Gudang Garam" Selera Pemberani.
- Conviction (Rasa Percaya) : Sebuah teks iklan harus mampu; Menciptakan kebutuhan calon pembeli, dapat menyentuh emosi pembeli untuk dapat membeli produk, Menimbulkan rasa percaya diri pada calon konsumen, Menggunakan pembuktian ahli/demo/menggunakan artis/public figure, memberikan pandangan positif pada calon konsumen tentang produk.
- Action (Tindakan) : Teks iklan harus memiliki daya membujuk calon konsumen agar sesegera mungkin melakukan pembelian.
Hal yang perlu dipertimbangkan dalam Teks Iklan
Ukuran Media Teks Iklan;
1. Waktu Penyiaran (Bila disimpaikan melalui media elektronik)
2. Warna (spot/full color), tata letak(lay out)
3. Jenis Huruf
4. Slogan yang mudah diingat
Untuk dapat meyakinkan calon konsumen agar membeli produk, dalam penulisan teks iklan dapat digunakan kata; beli, ambil, rasakan, hubungi, gunakan, dan kata-kata sugesti lainnya yang dapat mempengaruhi calon konsumen.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteApa yang dimaksud dengan kalimat persuasif?
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteapa saja fungsii teks iklan?jelaskan!
ReplyDeleteSebagai sebuah informasi, Sebagai persuasif, Sebagai reminder
Deleteteks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan.
DeleteDidalam pengertian teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan.
Deletememberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
Deleteapa saja isi kebahasaan teks iklan
ReplyDeleteiklan menggunakan slogan, kalimat persuasif, menggunakan subjek orang pertama,
DeleteDiantaranya yaitu Ada kalimat persuasif, yang bertujuan membujuk dan meyakinkan pembaca untuk menerima gagasan. Tujuannya agar calon pembeli terpengaruh untuk menggunakan produk barang atau jasa. Ada kalimat imperatif, yaitu pernyataan yang terdiri dari perintah, saran, atau instruksi
Deleteapa yang dimaksud dengan teks iklan?
ReplyDelete(Ilham)
DeleteTEKS IKLAN adalah pembahasan yang akan diuraikan dalam materi pelajaran bahasa indonesia dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Dan teks iklan yang akan dijelaskan yakni memuat pengertian atau definisi teks iklan, struktur teks, fungsi, kaidah kebahasaan serta contoh teks iklan.
(nazra)Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen
Delete(khaila)
ReplyDeleteApa sajakah tujuan dari iklan?
(Epan epeiyansyah) untuk menginformasikan sebuah produk, jasa maupun perusahaan.
Deleteuntuk menginformasikan sebuah produk, jasa maupun perusahaan.
DeleteApa primadona target produsen di dalam mengiklankan produk-produknya?
ReplyDeleteyang menjadi primadona target produsen dalam mengiklankan produk-produknya adalah media cetak
DeleteMengapa slogan sangat penting dalam pembuatan iklan?
ReplyDeleteslogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan. Didalam bagian slogan terdiri atas empat (4) hingga lima (5) kata yang mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagaikan magnet dan tentu pastinya mudah di ingat supaya, pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke masyarakat / orang-orang yang membaca atau melihat dan atau para konsumen dari iklan yang di promosikan.
DeleteMengapa terdapat slogan di dalam iklan?
ReplyDelete(teguh Fauzi)Fungsi slogan adalah sebagai identitas atau jargon dari suatu merek atau kampanye iklan.
DeleteApa yang dimaksud judul dalam struktur teks iklan?
ReplyDeleteDi dalam teks iklan dibawah ini yang akan dibahas dan dipelajari yakni mengenai promosi produk barang dan produk jasa. Dengan diberikan contoh lengkap nantinya diharapkan anda dapat dengan mudah untuk mengerti bagaimana bentuk serta contoh teks iklan produk dengan berbagai produk berikut dibawah. Adapun didalam sebuah teks iklan, terdapat struktur yang terdiri atas judul, nama produk dan penjelasan mengenai produk tersebut. Berikut penjelasannya.
Delete(Nadila)
ReplyDeleteApa yang dimaksud dengan slogan?
(zeny) slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan.
DeleteThis comment has been removed by the author.
Deleteslogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan.
Deleteapa saja struktur teks iklan
ReplyDeleteJudul
DeleteNama produk
Penjelasan mengenai produk
Apa saja yang berhubungan dengan struktur teks iklan?
ReplyDeleteApa saja struktur teks iklan?
ReplyDelete(Nur Sukma)
DeleteJudul
Nama produk
Penjelasan mengenai produk
(Haikal maulana)
DeleteJudul
Nama produk
Penjelasan mengenai produk
(siti aisyah) Judul, Nama produk, Penjelasan mengenai produk
DeleteBagaimana cara membuat iklan yang menarik dan tidak membosankan bagi konsumen?
ReplyDeleteJenis jenis iklan apa sja?
ReplyDeleteDimana biasanya iklan bisa di jumpai
ReplyDeleteIklan bisa anda temukan di setiap sudut kota seperti baliho, banner. Di media elektronik , iklan dapat anda jumpai seperti di televisi (tv) , radio, situs web dan banyak lagi, Bahkan iklan juga bisa anda temukan di media cetak seperti koran maupun majalah.
Delete(Febiansyah)media cetak, seperti koran dan majalah, serta media elektronik, seperti radio dan televisi.
Delete(nopa)
ReplyDeletesiapa yang membuat iklan iklan tersebut?
apa fungsi dari iklan???
ReplyDelete(siti nur ajijah)
ReplyDeleteapa saja yang berisi dari struktur iklan? sebutkan dan jelaskan!
(siska)
ReplyDeleteapa yang di maksud fungsi teks iklan sebagai persuasi?
berfungsi untuk mengarahkan para masyarakat (konsumen) untuk membeli produk yang diiklankan.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete(ZASKIA)
ReplyDeleteKenapa iklan harus menggunakan Slogan?
Agar orang dapat mengingat iklan yang kita tayangkan
Delete(Fikry
Mengapa kita harus membuat iklan semenarik mungkin?
ReplyDelete(Fadli)
DeleteKarena dengan menayangkan iklan yg menarik dapat membuat setiap yg melihat iklan tersebut jadi tertarik dan penasaran Dengan iklan tersebut
(MELSYA?
ReplyDeleteapa yang di maksud dengan reminder dalam iklan?
iklan yang memberikan peringatan pada calon konsumen tentang produk yang dipasarkan.
DeleteApa keuntungan dari membuat iklam
ReplyDeleteApa saja struktur teks iklan
ReplyDelete-judul
Delete-nama produk
-penjelasan mengenai produk
This comment has been removed by the author.
DeleteApa itu kalimat Persuasif?
ReplyDelete(Ryzka)
ReplyDeleteApa manfaat kreatifitas dalam membuat slogan?
Apa yang dimaksud dengan iklan#neja
ReplyDeleteReva Df
ReplyDeleteApa yang dimaksud Kalimat Persuasif?
apa tujuan dari iklan
ReplyDeletetujuan dari iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk-produk baru maupun produk yang sudah lama, baik itu berupa barang ataupun berupa jasa
DeleteApa yang dimaksut dengan iklan??
ReplyDelete(umam)
ReplyDeletesebutkan struktur teks iklan
(ROBI XII MM)
ReplyDeleteapa itu teks iklan?
bentuk komunikasi pemasaran yang dapat digunakan pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di Jaringan Google
Delete(khadafi)
ReplyDeleteapa yang dimaksud teks iklan?
( Nabila ) Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteapa yang di maksud kalimat persuasif?
ReplyDeleteApa saja contoh iklan
ReplyDelete(Adit)
ReplyDeleteApa yang di mksd dengan penjelasan fersuasif
(Riana) apa yang dimaksud teks iklan?
ReplyDelete(Naia) Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.
Deletejelaskan ciri Kebahasaan Teks Iklan
ReplyDeleteapa fungsi teks iklan?
ReplyDelete(Aril)
ReplyDeletesebutkan struktur teks iklan
Subjek yang biasanya digunakan didalam teks adalah
ReplyDeleteSebagai sebuah informasi
ReplyDeleteSebagai persuasi
Sebagai reminder
(Karina)
Apa tujuan dari teks iklan?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteapa fungsi teks iklan? dan bagaimana strukturnya?
ReplyDeleteBagaimana cara menarik perhatian audiens?
ReplyDeleteApa yang harus disertakan dalam deskripsi produk atau jasa dalam teks iklan?
ReplyDeleteBagaimana cara menarik pelanggan
ReplyDeletebagaimana cara membuat teks iklan yang menarik?
ReplyDeletebagaimana cara desain iklan yang baik?
ReplyDeleteBagaimana cara menentukan judul dan slogan yang menarik tetapi singkat dan padat ?
ReplyDeleteApa fungsi teks iklan?
ReplyDeleteBagaimana cara menentukan target market untuk iklan?
ReplyDeleteBagaimana cara membuat iklan yang menarik??
ReplyDeleteapa yg harus di serta kan dalam deskripsi produk dalam teks iklan
ReplyDelete(rifa)
ReplyDeleteContoh teks iklan untuk jasa
Bagaimana jika Teks iklan tidak memiliki daya membujuk calon konsumen agar sesegera mungkin melakukan pembelian?
ReplyDelete(Habibi)
ReplyDeleteApa yang di maksud dengan penjelasan fersuasif??
Bagaimana cara membuat teks iklan yang efektif?
ReplyDeleteBagaimana cara mendapatkan audience yang tertarik pada iklan promosi yang kita buat?
ReplyDelete(alika)
ReplyDeletestruktur ikln ny ada apa aj?
bagaimana?
ReplyDeleteApa yang dimaksud Contact Person??
ReplyDeleteApa perbedaan iklan poster dengan iklan video?
ReplyDeletelebih bagus iklan video atau poster??
ReplyDeleteApa pengertian dari Teks Iklan ??
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletebagaimana membuat iklan?
ReplyDeletebagaimana agar iklan kita menarik
ReplyDeleteDalam pembuatan poster apa saja yang paling penting untuk dilakukan?
ReplyDeleteMengapa media cetak masih menjadi pilihan utama bagi produsen untuk mengiklankan produk mereka?
ReplyDeleteBagaimana cara membuat teks iklan?
ReplyDeletebagaimana iklan bekerja?
ReplyDeleteBerapa kadar protein dalam susu Indomilk?
ReplyDeleteapakah iklan termasuk intrumen?
ReplyDeleteSeperti apa caranya agar poster kita terlihat menarik untuk semua orang
ReplyDeletebagaimana agar desain iklan kita menarik???
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete