TEKS IKLAN (Pengertian, Struktur Teks, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan serta Contoh Teks Iklan)

 By Lita Oktaviantari_Bahasa Indonesia XII SMA/SMK

https://www.afdhalilahi.com/2017/09/teks-iklan-pengertian-struktur-teks.html


TEKS IKLAN adalah pembahasan yang akan diuraikan dalam materi pelajaran bahasa indonesia dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Dan teks iklan yang akan dijelaskan yakni memuat pengertian atau definisi teks iklan, struktur teks, fungsi, kaidah kebahasaan serta contoh teks iklanDari jaman dahulu hingga jaman sekarang didalam kehidupan kita sehari-hari, sudah tentu pasti sering mendengar bahkan melihat yang namanya iklan.

Iklan bisa anda temukan di setiap sudut kota seperti baliho, banner. Di media elektronik , iklan dapat anda jumpai seperti di televisi (tv) , radio, situs web dan banyak lagi, Bahkan iklan juga bisa anda temukan di media cetak seperti koran maupun majalah. Oleh karena itu, iklan sudah pasti ada dan selalu menemani kita semua didalam kehidupan.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.

Adapun target tujuan dari iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk-produk baru maupun produk yang sudah lama, baik itu berupa barang ataupun berupa jasa untuk konsumen (masyarakat) agar dapat menarik perhatian konsumen untuk bisa mengenali produk yang dipasarkan, membeli sampai menggunakan /mengkonsumsi dari produk-produk yang di pasarkan.

Sejak televisi banyak beredar, persaingan pada bidang periklanan semakin pesat, akan tetapi yang menjadi primadona target produsen di dalam mengiklankan produk-produknya adalah media cetak, yang mana didalam media cetak memiliki pangsa pasar tersendiri sehingga para produsen setia menggunakannya.


Struktur Teks Iklan

Di dalam teks iklan dibawah ini yang akan dibahas dan dipelajari yakni mengenai promosi produk barang dan produk jasa. Dengan diberikan contoh lengkap nantinya diharapkan anda dapat dengan mudah untuk mengerti bagaimana bentuk serta contoh teks iklan produk dengan berbagai produk berikut dibawah. Adapun didalam sebuah teks iklan, terdapat struktur yang terdiri atas judul, nama produk dan penjelasan mengenai produk tersebut. Berikut penjelasannya. 

a. Judul
Judul didalam teks iklan berada pada bagian yang paling atas, akan tetapi tidak seluruhnya iklan menampilkan judul, sebagian menampilkan nama produk tepat di bagian paling atas dari teks iklan tersebut.

b. Nama produk
Pada bagian ini di dalamnya berisi dengan nama produk yang akan di promosikan atau diiklankan.

c. Penjelasan mengenai produk
Pada bagian ini di dalamnya berisikan dengan penjelasan singkat / deskripsi tentang produk yang akan di promosikan / diiklankan, yang mana dalam hal ini meliputi seperti :

1. Spesifikasi detail produk
2. Cara untuk bisa mendapatkan produk yang dipromosikan / diiklankan
3. Alamat yang bisa dikunjungi
4. Contact person atau nomor telephone yang bisa dihubungi. 


Fungsi Teks Iklan


Didalam pengertian teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan. Dan dibawah ini adalah beebrapa fungsi dari iklan, yakni sebagai berikut :

a. Sebagai sebuah informasi
Maksudnya adalah untuk bisa menyampaikan informasi mengenai suatu produk baru, ciri-ciri dari produk dan sebagainya.

b. Sebagai persuasi
Maksudnya adalah iklan berfungsi untuk mengarahkan para masyarakat (konsumen) untuk membeli produk yang diiklankan.

c. Sebagai reminder
Maksudnya adalah suatu iklan dapat mengingatkan para masyarakat (konsumen) mengenai produk-produk tertentu supaya bisa menggunakan selalu produk-produk yang di iklankan tersebut.


Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Di dalam teks iklan, terdapat juga ciri-ciri kebahasaan yang dapat memberikan perbedaan dengan beberapa teks lainnya. Dan berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan didalam teks iklan yakni :

a. Iklan menggunakan slogan
Yang dimaksud dengan slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan. Didalam bagian slogan terdiri atas empat (4) hingga lima (5) kata yang mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagaikan magnet dan tentu pastinya mudah di ingat supaya, pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke masyarakat / orang-orang yang membaca atau melihat dan atau para konsumen dari iklan yang di promosikan.

Pada bagian iklan, slogan lebih mengarah pada susunan kata atau pernyataan, deskripsi singkat tentang suatu produk barang ataupun jasa layanan agar publik dengan mudah untuk mengingatnya. Peranan slogan sangat penting di dalam dunia jasa periklanan, dengan adanya sebuah slogan, suatu produk iklan akan sangat cepat diingat dan mudah untuk dihafal serta dapat lebih terkenal. Biasanya slogan juga banyak digunakan dan banyak ditemui di saat adanya kampanye-kampanye instansi pemerintahan maupun partai, contoh kampanye anti korupsi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kampanye Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), tidak menerima gratifikasi di kantor-kantor pelayanan pemerintahan dan masih banyak lagi yang bisa di temui.

Kreatifitas dalam membuat kalimat slogan sangat wajib diperhatikan agar tidak termakan oleh zaman supaya, masyarakat dengan semakin mudahnya dalam mengingat dan menghafal kalimat slogan yang terdapat dalam iklan yang di promosikan tersebut. Keberhasilan didalam menggunakan slogan dapat dilihat dan diukur dengan cara seberapa dalam masyarakat (konsumen) mengetahui slogan yang tertera. Jika slogan berhasil merasuk ke fikiran masyarakat (konsumen) maka, hanya dengan mendengar kalimat slogan pada sebuah iklan, masyarakat (konsumen) dengan cepat mengetahui dan mengenali jenis produk apa yang menggunakan kata/kalimat slogan tersebut. Contoh slogan “sekali libas nyamuk tewas”, dengan mendengar kalimat tersebut pastinya anda sudah bisa menebak jenis produk dan merek apa yang dimaksud tanpa anda melihat produk pada iklan itu lagi..

b. Kalimat Persuasif
Yang dimaksud dengan kalimat persuasif adalah sebuah kalimat yang mempunyai tujuan utama agar bisa membujuk serta meyakinkan para pembaca (calon pembeli) supaya bisa menerima dan menjalankan ide dari penulis untuk suatu hal yang ditujukan. Contoh ”bergabunglah bersama kami BANK MB dan perbanyaklah transaksi anda dengan aman, mudah dan cepat”. Sehingga kalimat persuasif yang ada didalam slogan iklan tersebut adalah aman, mudah dan cepat.

c. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Subjek yang biasanya digunakan didalam teks iklan adalah subjek orang pertama tunggal (jamak), contoh kami, saya, dan aku untuk mengganti instansi (pihak) yang memasang iklan. Kemudian pada teks iklan tersebut, subjek orang pertama jamak yang digunakan, contoh kami. Sehingga subjek orang pertama tunggal jamak adalah ciri kebahasaan didalam teks iklan. 

Contoh Teks Iklan 

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks iklan produk barang maupun jasa seperti iklan berniaga (penjualan), iklan lowongan kerja (loker), iklan jasa, iklan promosi dan iklan rumah. Dengan adanya contoh iklan berikut, diharapkan anda bisa menilai dan bisa membedakan apa saja yang di iklankan.

Contoh Teks Iklan Produk



Contoh Teks Iklan Penjualan


Contoh Teks Iklan Jasa


Contoh Teks Iklan Niaga


Contoh Teks Iklan Lowongan


RUMUS MEMBUAT TEKS IKLAN; AIDCA

    • Attention (Perhatian) : Sebuah teks iklan harus mampu menarik perhatian calon konsumen. Untuk itu teks iklan harus memenuhi; Ukuran, Penggunaan warna, Tata letak, suara-suara khusus.
    • Interest (Minat) : Teks Iklan harus mampu membangkitkan/menimbulkan rasa minat/keinginan memiliki produk yang di iklankan. Mendorong calon konsumen agar mau; Membaca Iklan, Mendengar/menonton pesan-pesan dan berminat mengetahui lebih rinci. 
    • Desire (Kebutuhan/Keinginan) : Sebuah teks iklan harus mampu menggerakan keinginan calon konsumen untuk memiliki/menikmati produk tersebut. Contoh ; "Lady Card" Special card for special lady, "Gudang Garam" Selera Pemberani.
    • Conviction (Rasa Percaya) : Sebuah teks iklan harus mampu; Menciptakan kebutuhan calon pembeli, dapat menyentuh emosi pembeli untuk dapat membeli produk, Menimbulkan rasa percaya diri pada calon konsumen, Menggunakan pembuktian ahli/demo/menggunakan artis/public figure, memberikan pandangan positif pada calon konsumen tentang produk.
    • Action (Tindakan) : Teks iklan harus memiliki daya membujuk calon konsumen agar sesegera mungkin melakukan pembelian. 

 Hal yang perlu dipertimbangkan dalam Teks Iklan

        Ukuran Media Teks Iklan;
              1. Waktu Penyiaran (Bila disimpaikan melalui media elektronik)
              2. Warna (spot/full color), tata letak(lay out)
              3. Jenis Huruf
              4. Slogan yang mudah diingat

      Untuk dapat meyakinkan calon konsumen agar membeli produk, dalam penulisan teks        iklan dapat digunakan kata; beli, ambil, rasakan, hubungi, gunakan, dan kata-kata sugesti    lainnya yang dapat mempengaruhi calon konsumen.






Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. apa saja fungsii teks iklan?jelaskan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai sebuah informasi, Sebagai persuasif, Sebagai reminder

      Delete
    2. teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan.

      Delete
    3. Didalam pengertian teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan.

      Delete
    4. memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

      Delete
  4. apa saja isi kebahasaan teks iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iklan menggunakan slogan, kalimat persuasif, menggunakan subjek orang pertama,

      Delete
    2. Diantaranya yaitu Ada kalimat persuasif, yang bertujuan membujuk dan meyakinkan pembaca untuk menerima gagasan. Tujuannya agar calon pembeli terpengaruh untuk menggunakan produk barang atau jasa. Ada kalimat imperatif, yaitu pernyataan yang terdiri dari perintah, saran, atau instruksi

      Delete
  5. apa yang dimaksud dengan teks iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (Ilham)
      TEKS IKLAN adalah pembahasan yang akan diuraikan dalam materi pelajaran bahasa indonesia dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Dan teks iklan yang akan dijelaskan yakni memuat pengertian atau definisi teks iklan, struktur teks, fungsi, kaidah kebahasaan serta contoh teks iklan.

      Delete
    2. (nazra)Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen

      Delete
  6. (khaila)
    Apa sajakah tujuan dari iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (Epan epeiyansyah) untuk menginformasikan sebuah produk, jasa maupun perusahaan.

      Delete
    2. untuk menginformasikan sebuah produk, jasa maupun perusahaan.

      Delete
  7. Apa primadona target produsen di dalam mengiklankan produk-produknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang menjadi primadona target produsen dalam mengiklankan produk-produknya adalah media cetak

      Delete
  8. Mengapa slogan sangat penting dalam pembuatan iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan. Didalam bagian slogan terdiri atas empat (4) hingga lima (5) kata yang mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagaikan magnet dan tentu pastinya mudah di ingat supaya, pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke masyarakat / orang-orang yang membaca atau melihat dan atau para konsumen dari iklan yang di promosikan.

      Delete
  9. Mengapa terdapat slogan di dalam iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (teguh Fauzi)Fungsi slogan adalah sebagai identitas atau jargon dari suatu merek atau kampanye iklan.

      Delete
  10. Apa yang dimaksud judul dalam struktur teks iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam teks iklan dibawah ini yang akan dibahas dan dipelajari yakni mengenai promosi produk barang dan produk jasa. Dengan diberikan contoh lengkap nantinya diharapkan anda dapat dengan mudah untuk mengerti bagaimana bentuk serta contoh teks iklan produk dengan berbagai produk berikut dibawah. Adapun didalam sebuah teks iklan, terdapat struktur yang terdiri atas judul, nama produk dan penjelasan mengenai produk tersebut. Berikut penjelasannya.

      Delete
  11. (Nadila)
    Apa yang dimaksud dengan slogan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (zeny) slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan.

      Delete
  12. Replies
    1. Judul
      Nama produk
      Penjelasan mengenai produk

      Delete
  13. Apa saja yang berhubungan dengan struktur teks iklan?

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. (Nur Sukma)
      Judul
      Nama produk
      Penjelasan mengenai produk

      Delete
    2. (Haikal maulana)
      Judul
      Nama produk
      Penjelasan mengenai produk

      Delete
    3. (siti aisyah) Judul, Nama produk, Penjelasan mengenai produk

      Delete
  15. Bagaimana cara membuat iklan yang menarik dan tidak membosankan bagi konsumen?

    ReplyDelete
  16. Dimana biasanya iklan bisa di jumpai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan bisa anda temukan di setiap sudut kota seperti baliho, banner. Di media elektronik , iklan dapat anda jumpai seperti di televisi (tv) , radio, situs web dan banyak lagi, Bahkan iklan juga bisa anda temukan di media cetak seperti koran maupun majalah.

      Delete
    2. (Febiansyah)media cetak, seperti koran dan majalah, serta media elektronik, seperti radio dan televisi.

      Delete
  17. (nopa)
    siapa yang membuat iklan iklan tersebut?

    ReplyDelete
  18. (siti nur ajijah)
    apa saja yang berisi dari struktur iklan? sebutkan dan jelaskan!

    ReplyDelete
  19. (siska)
    apa yang di maksud fungsi teks iklan sebagai persuasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berfungsi untuk mengarahkan para masyarakat (konsumen) untuk membeli produk yang diiklankan.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. (ZASKIA)
    Kenapa iklan harus menggunakan Slogan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar orang dapat mengingat iklan yang kita tayangkan
      (Fikry

      Delete
  22. Mengapa kita harus membuat iklan semenarik mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (Fadli)
      Karena dengan menayangkan iklan yg menarik dapat membuat setiap yg melihat iklan tersebut jadi tertarik dan penasaran Dengan iklan tersebut

      Delete
  23. (MELSYA?
    apa yang di maksud dengan reminder dalam iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iklan yang memberikan peringatan pada calon konsumen tentang produk yang dipasarkan.

      Delete
  24. Apa keuntungan dari membuat iklam

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. -judul
      -nama produk
      -penjelasan mengenai produk

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  26. (Ryzka)
    Apa manfaat kreatifitas dalam membuat slogan?

    ReplyDelete
  27. Apa yang dimaksud dengan iklan#neja

    ReplyDelete
  28. Reva Df
    Apa yang dimaksud Kalimat Persuasif?

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. tujuan dari iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk-produk baru maupun produk yang sudah lama, baik itu berupa barang ataupun berupa jasa

      Delete
  30. Apa yang dimaksut dengan iklan??

    ReplyDelete
  31. (umam)
    sebutkan struktur teks iklan

    ReplyDelete
  32. (ROBI XII MM)
    apa itu teks iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk komunikasi pemasaran yang dapat digunakan pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di Jaringan Google

      Delete
  33. (khadafi)
    apa yang dimaksud teks iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ( Nabila ) Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. apa yang di maksud kalimat persuasif?

    ReplyDelete
  36. (Adit)
    Apa yang di mksd dengan penjelasan fersuasif

    ReplyDelete
  37. (Riana) apa yang dimaksud teks iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (Naia) Teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.

      Delete
  38. jelaskan ciri Kebahasaan Teks Iklan

    ReplyDelete
  39. (Aril)
    sebutkan struktur teks iklan

    ReplyDelete
  40. Subjek yang biasanya digunakan didalam teks adalah

    ReplyDelete
  41. Sebagai sebuah informasi
    Sebagai persuasi
    Sebagai reminder
    (Karina)

    ReplyDelete
  42. Apa tujuan dari teks iklan?

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. apa fungsi teks iklan? dan bagaimana strukturnya?

    ReplyDelete
  45. Bagaimana cara menarik perhatian audiens?

    ReplyDelete
  46. Apa yang harus disertakan dalam deskripsi produk atau jasa dalam teks iklan?

    ReplyDelete
  47. bagaimana cara membuat teks iklan yang menarik?

    ReplyDelete
  48. bagaimana cara desain iklan yang baik?

    ReplyDelete
  49. Bagaimana cara menentukan judul dan slogan yang menarik tetapi singkat dan padat ?

    ReplyDelete
  50. Bagaimana cara menentukan target market untuk iklan?

    ReplyDelete
  51. Bagaimana cara membuat iklan yang menarik??

    ReplyDelete
  52. apa yg harus di serta kan dalam deskripsi produk dalam teks iklan

    ReplyDelete
  53. (rifa)
    Contoh teks iklan untuk jasa

    ReplyDelete
  54. Bagaimana jika Teks iklan tidak memiliki daya membujuk calon konsumen agar sesegera mungkin melakukan pembelian?

    ReplyDelete
  55. (Habibi)
    Apa yang di maksud dengan penjelasan fersuasif??

    ReplyDelete
  56. Bagaimana cara membuat teks iklan yang efektif?

    ReplyDelete
  57. Bagaimana cara mendapatkan audience yang tertarik pada iklan promosi yang kita buat?

    ReplyDelete
  58. (alika)
    struktur ikln ny ada apa aj?

    ReplyDelete
  59. Apa yang dimaksud Contact Person??

    ReplyDelete
  60. Apa perbedaan iklan poster dengan iklan video?

    ReplyDelete
  61. lebih bagus iklan video atau poster??

    ReplyDelete
  62. Apa pengertian dari Teks Iklan ??

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. bagaimana agar iklan kita menarik

    ReplyDelete
  65. Dalam pembuatan poster apa saja yang paling penting untuk dilakukan?

    ReplyDelete
  66. Mengapa media cetak masih menjadi pilihan utama bagi produsen untuk mengiklankan produk mereka?

    ReplyDelete
  67. Berapa kadar protein dalam susu Indomilk?

    ReplyDelete
  68. apakah iklan termasuk intrumen?

    ReplyDelete
  69. Seperti apa caranya agar poster kita terlihat menarik untuk semua orang

    ReplyDelete
  70. bagaimana agar desain iklan kita menarik???

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Teks Drama, Ciri, Unsur, Struktur & Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 11